Hal yang Mempengaruhi Harga Premi Asuransi Mobil 2021 Jangan Salah Pilih!

Asuransi mobil di Indonesia ada banyak sekali jenisnya dan semua memiliki harga premi yang berbeda. Pernahkah terpikirkan kenapa harga premi asuransi mobil ini bisa berbeda. Bahkan jika dibandingkan antara asuransi mobil 2021 dengan 2020, akan terlihat sedikit perbedaan harga antara keduanya. Tentu hal ini pasti dipengaruhi oleh beberapa hal.

Seperti yang dikatakan sebelumnya kalau harga asuransi ini akan berbeda, bahkan asuransi mobil 2021 dengan 2020 juga memiliki perbedaan. Hal ini ternyata tidak ditetapkan secara sembarangan, melainkan ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Biasanya hal ini akan memberikan pengaruh terhadap preminya entah itu naik atau turun.

1. Perlindungan yang Diberikan

Pertama adalah perlindungan yang diberikan oleh asuransi ini. Perlu diketahui kalau asuransi mobil memiliki dua jenis. Pertama adalah TLO dan yang kedua adalah all risk. Keduanya memiliki cakupan perlindungan yang berbeda. Hal itu tentu memberikan perbedaan harga yang cukup signifikan di antara kedua asuransi tersebut. Biasanya perbedaan harga ini juga lumayan besar.

2. Lama Perlindungan

Hal ini sebenarnya sama dengan perbandingan antara harga asuransi kesehatan 2021 dengan 2020. Karena asuransi ini memberikan waktu perlindungan yang berbeda-beda, bergantung dengan penyakit yang ditangani. Begitu juga dengan lama perbaikan terhadap mobil ini. Sebab berbeda “penyakit” mobil, maka berbeda juga lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki mobil tersebut.

3. Biaya yang Diperhitungkan

Ini merupakan rahasia umum perusahaan asuransi. Dimana perusahaan ini harus mengeluarkan beberapa dana seperti untuk pajak, laba, dan juga biaya lainnya. Hal ini tentu akan membawa pengaruh terhadap harga asuransi yang ditawarkannya kepada konsumen. Supaya tidak terlalu memberikan banyak pengaruh, maka perusahaan asuransi wajib untuk menekan biayanya (lean corporation).

4. Mortality Rate

Di Indonesia ternyata mortality rate atau angka kematian memberikan pengaruh terhadap banyak hal. Dari mulai asuransi kendaraan, pensiun, sampai untuk asuransi kesehatan 2021 dan tahun-tahun sebelumnya juga mempertimbangkan hal ini. Angka kematian akan menjadi tolak ukur yang digunakan. Biasanya harga akan semakin tinggi apabila mortality rate di negara tersebut juga tinggi.

5. Hasil Investasi

Mungkin banyak yang penasaran bagaimana perusahaan asuransi mendapat keuntungannya. Hal ini ternyata berkaitan juga dengan hasil investasi. Jadi kalau hasil investasi dari perusahaan ini lumayan, maka premi yang diberikan tidak akan terlalu mahal. Bukan sesuatu yang baru di dunia usaha, oleh karena itu tidak jarang ada asuransi yang terlihat mewah namun memiliki harga murah karena hal ini.

Jangan Sampai Salah Memilih

Salah memilih tentunya merupakan sesuatu yang harus dihindari. Baik itu memilih asuransi kesehatan 2021, ataupun memilih asuransi mobil dan perlindungan lainnya. Seperti yang disinggung sedikit pada pembahasan sebelumnya kalau harga premi bisa ditentukan juga oleh hasil investasi. Kalau investasinya terlaksana dengan baik, maka harga preminya biasanya tidak terlalu tinggi.

Keberhasilan tersebut juga menjadi tolak ukur apakah perusahaan asuransi sehat atau tidak. Karena kalau perusahaan tersebut sehat, maka konsumen tidak perlu risau akan kemungkinan buruk dimasa mendatang. Misalnya seperti perusahaan bangkrut di tengah jalan, dan uang konsumen hilang tidak jelas keberadaannya. Tentu itu merupakan hal yang harus dihindari.

Jadi ketika hendak memilih asuransi mobil ini, pertama lihat harga yang ditawarkan. Lakukan perbandingan antara harga asuransi mobil 2021 dengan tahun sebelumnya. Kalau terlalu jauh, maka konsumen wajib untuk mencari tahu. Dengan begitu konsumen bisa mendapatkan perusahaan asuransi yang sesuai dengan keinginan.

Leave a Comment